Subscribe Us

Resep Mudah Membuat Masakan Garang Asam Daging Spesial



Resep mudah membuat Garang Asam Daging ayam spesial

Makanan yang lezat dan sehat akan membuat keluarga betah makan bersama di rumah, Untuk itu mari dari sekarang mencoba masakan yang sehat dan lezat. Untuk itu cermindapur punya resep buat semua keluarga, yaitu resep mudah membuat masakan Garang asam Daging Spesial. Pasti sobat semua dah pada tau makanan ini. Makanan yang satu ini merupakan makanan nusantara indonesia, Khas dari jawa tengah.  Makanan ini biasanya dibungkus dengan daun pisang. salah satu bahannya yaitu daging ayam. Makanan ini biasanya dimasak dengan santan kelapa yang membuat rasanya lebih terasa nikmat di mulut. Yuk cobain membuat masakan garang asam daging sendiri, Biar tambah Ilmu donk, Tidak Harus membeli terus kan.....
   Selamat membaca artikel berikut ya sobat cermindapur. jangan lupa share resep membuat Garang asam Daging spesial ini ke kawan kawan ya.

Bahan bahan membuat garang asam :
  • Bahan utama membuat garang asam adalah Ayam ukurang sedang, Kira kira  750 gram – 1kg. Ayam yang digunakan biasanya Ayam potong, bila lebih suka Ayam Kampung juga bisa digunakan. Untuk potongan, disesuaikan dengan selera masing masing, tetapi untuk hasil maksimal sebaiknya antara 14 – 24 potong. 
  • 10 siung bawang merah lokal
  • 2 lembar Daun bawang 
  • 1 lembar Daun Pisang untuk pembungkus ( atau menggunakan wadah lain yang biasa buat mengukus makanan)
  • 200 gram buah belimbing Sayur 
  •  3 pcs Daun Salam yang aromanya kuat 
  • 1 liter Santan kental (kurang lebih buth satu Kelapa ukuran besar Daun Kemangi secukupnya
  • Lengkuas secukup nya 
  • 20-30 pcs Cabai rawit
  • 5 pcs bawah putih ukuran sedang 
  • Kencur, jahe, kemiri dan ketumbar secukup nya (tergantung selera) 
  •  5 batang Cabai Hijau ukuran besar

Cara pembuatan Garang Asam daging spesial ini adalah
  1.  Semua bahan bumbu (Bawang merah, bawang putih, kencur jahe, ketumbar dan kunyit) dihaluskan menjadi satu. Ayam yang sudah di potong sesuai selera dimasukkan ke tempat yang cukup besar.
  2.  Masukkan bumbu halus di atas, ratakan di permukaan ayam nya.
  3.  Masukkan garam dan remas remas bumbu – bumbu tersebut ke daging ayam. Jangan gunakan tenaga terlalu besar sehingga tidak merusak daging nya. Hidupkan wajan besar dengan api sedang. Masukkan semua bahan di atas. 
  4. Setelah itu, masukkan buah belimbing sayur yang sudah di potong, daun bawang, cabe rawit, cabai hijau, serai, daun bawang dan santan sedikit demi sedikit. 
  5. Aduk secara perlahan secara merata sampai daging dirasa cukup empuk. Siapkan Daun pisang yang sudah dibersihkan. Potong ukuran sedang. 
  6. Kasih daun kemangi di alas daun, taburi dengan ayam plus sedikit kuah yang sudah masak diatas. 
  7. Bungkus dengan rapi. 
  8. Terakhir Sebaik nya menggunakan tusuk gigi atau lidi supaya aman. Kukus dengan api sedang kurang lebih 35 sampai 45 menit.
  9. Hidnangan ini siap untuk disajikan

Ajak Tetangga, saudara . kawan semua untuk membuat bersama....

Posting Komentar

0 Komentar